Selasa, 23 Agustus 2022 Dekan Fakultas FPIK Undip, Prof. Tri dan Wakil Dekan 1 FPIK Undip Dr. Agus Trianto menjadi narasumber pada dialog publik “Tantangan Menjadi  Ilmuwan Perikanan dan Kelautan Tropis” live di stasiun TV TVRI Jawa Tengah.

Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya kelautan yang sangat besar oleh karena itu sangat disayangkan apabila generasi penerus bangsa tidak bisa mengelolanya.

FPIK Undip memiliki 6 prodi S1 yaitu Akuakultur, Ilmu Kelautan, Oseanografi, Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP), Perikanan Tangkap dan Teknologi Hasil Perikanan. 2 prodi magister yaitu S2 Ilmu Kelautan, S2 MSDP  dan 2 prodi doktoral yaitu S3 Ilmu Kelautan, S3 MSDP. Setiap program studi mempunyai banyak terobosan ilmu dan teknologi yang sangat dibutuhkan dalam mengelola sumber daya kelautan Indonesia, ulas Prof. Tri.
Budidaya Udang, Perancangan alat tangkap ramah lingkungan, Bioteknologi hasil kelautan, Konservasi dan rekreasi “mangrove tracking”, Sains Techno Park Kelautan merupakan Program Unggulan terobosan hasil teknologi dari FPIK Undip.

Dr. Agus Trianto menambahkan FPIK Undip juga bekerjasama dengan pihak lain yaitu DELOS MARITIME dan  PT. Irodori Global Indonesia dalam program magang mahasiswa FPIK undip baik dalam Indonesia maupun ke Jepang. FPIK juga membekali keilmuan dari sisi akademik (hardskill) dan non akademik (softskill) sebagai bagian untuk kompetensi keilmuan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement.