PROGRAM STUDI SARJANA (S1) AKUAKULTUR

Terakreditasi A | 1673/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020

Ijin Penyelenggaraan: SK Dirjen No. 473/Dikti/Kep/95 | Gelar lulusan: Sarjana Perikanan (S.Pi) | Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework: Level 6).

DAFTAR MATA KULIAH

Dasar-dasar Mikrobiologi Perairan; Teknik Budidaya Perairan; Manajemen Kualitas Air; Fisiologi Reproduksi Ikan; Histologi Ikan; Nutrisi Ikan; Teknologi Informasi; Manajemen Akuakultur; Teknologi Pembenihan Ikan; Dasar-dasar Genetika Ikan; Parasit dan Penyakit Ikan; Budidaya Pakan Alami; Peraturan Perikanan Budaya dan Hukum; Desain eksperimental; Pengelolaan Budidaya Air Tawar, Payau dan Laut; Manajemen Kesehatan Ikan; Teknologi dan Manajemen Pakan Ikan; Hias dan Pengelolaan Ikan Akuakultur; Kewiraswastaan; Prinsip Bioteknologi Akuakultur; Bisnis Akuakultur; Industri Budidaya Perairan; dan Produksi dan Domestikasi Ikan.

DESKRIPSI

Menjadi departemen terbaik dalam menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan global di bidang Budidaya Perairan pada tahun 2025. Misi jurusan ini adalah menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas dalam bidang: 1) Mengelola potensi sumber daya perikanan budidaya yang berbasis pada Praktek Akuakultur; 2) Menciptakan dan mengembangkan usaha budidaya perikanan berbasis wirausaha sehingga menguntungkan, berkembang dan berkelanjutan, dan 3) Mengidentifikasi dan mencari solusi permasalahan dalam kegiatan usaha budidaya perikanan, baik secara mandiri maupun melembaga dengan rekan kerja, masyarakat dan pemangku kepentingan yang ada, melalui penyelenggaraan pendidikan yang didukung oleh aplikasi penelitian dan pengabdian masyarakat.

DURASI PROGRAM

Proses Belajar Mengajar yang dilaksanakan oleh Program Sarjana Budidaya Perairan diprogramkan selama 8 (delapan) semester atau selama 4 (empat) tahun akademik dengan jumlah kredit semester (minimal) 145 sks. Setiap semester ada 14-16 pertemuan (pertemuan ke-8 untuk Ujian Tengah Semester dan pertemuan ke-16 untuk Ujian Akhir semester).

KESEMPATAN BERKARIR

Pengusaha dan pengembang akuakultur, peneliti dan konsultan, manajer, pendidik dan instruktur akuakultur.

KONTAK

Ketua Program Studi: Dr. Ir. Sardjito, M.App.Sc.
+6224 7474750 | sarjito@lecturer.undip.ac.id | psbdpundip@gmail.com

Buka obrolan
WhatsApp Support
FPIK Jaya! Ada yang bisa kami bantu?