PROGRAM STUDI SARJANA (S1) OSEANOGRAFI

Terakreditasi A | 1663/AK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020

Ijin Penyelenggaraan: SK Dirjen Dikti No. 2282/D/T/2001 | Gelar lulusan: Sarjana Sains (S.Si) | Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework: Level 6).

DAFTAR MATA KULIAH

Hidrodinamika, Oseanografi Fisik, Penginderaan Jauh dan Pemetaan Laut, Kimia Analitik Air Laut, Geologi Laut, Biologi Laut, Metode Numerik Kelautan, Pasang Surut, Gelombang Laut, Geofisika Laut, Arus Laut, Sistem Instrumentasi Kelautan, Sistem Informasi Geografis Laut, Kimia Lingkungan Laut, Oseanografi Pemodelan, Metode Oseanografi, Oseanografi Kimia, Oseanografi Geologi, Sedimentologi Laut, Oseanografi Perikanan, Oseanografi Biologi, Teknik Oseanografi, Hidrolika Pesisir, Geokimia Kelautan, Mitigasi Bencana Pesisir dan Laut, Meteorologi dan Klimatologi Laut, dan Kewirausahaan.

DESKRIPSI

Program Studi S1 ​​Oseanografi merupakan pengembangan kompetensi oseanografi yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (Akreditasi A, No 089/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015) dan Bersertifikat ISO 9001: 2015 – Sertifikat No. 105039/A/0001/UK/En. Perkembangan bidang oseanografi semakin pesat seiring dengan semakin besarnya kebutuhan lulusan dari berbagai instansi pemerintah, swasta, serta industri kelautan, perikanan, dan eksplorasi energi (pertambangan, energi alternatif kelautan, dan lainnya). Kajian tersebut meliputi proses fisik, kimia, dan biologi di bidang oseanografi, penginderaan jauh, pemetaan laut, dan pemodelan, geologi kelautan, energi terbarukan berbasis kelautan, pengelolaan garis pantai, bahaya pesisir, pengelolaan pesisir dan zona samudera, mitigasi bencana peringatan dini, dan desain struktur pantai tropis; Sehingga setelah mengikuti program mereka mampu memecahkan berbagai permasalahan praktis di wilayah pesisir.

DURASI PROGRAM

Proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh Program Studi Oseanografi berlangsung selama 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun akademik dengan 145 SKS semester. Setiap semester terdapat 14-16 proses belajar mengajar (pertemuan ke-8 untuk Ujian Tengah Semester dan pertemuan ke-16 untuk Ujian Akhir Semester).

KESEMPATAN BERKARIR

Sebagai pendidik, peneliti, manajer, dan pengusaha.

KONTAK

Ketua Program Studi: Dr. Kunarso, S.T., M.Si
+6224 7474698 | kunarso@lecturer.undip.ac.id