(+6224) 7474698 fpik@undip.ac.id

Pada hari Senin (18/11/2019) telah dilakukan penandatanganan LoA (Letter of Agreement) kerjasama antara Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro dengan School, Graduate School and Faculty of Fisheries Sciences, Hokkaido University, Jepang. Penandatanganan LoA tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan EURASTiP dan ASEAN FEN 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia. Bersamaan dengan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama  antara Universitas Brawijaya dan Kasetsart University, Thailand.

Penandatanganan yang meliputi Plan of Action on Student Exchange dan Academic Exchange Agreement ini dilakukan oleh Dekan FPIK Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc, Ph.D dan Dekan Faculty of Fisheries Sciences Hokkaido University yang dilakukan oleh Prof . Nobuo Kimura, Ph.D.

Plan of Action on Student Exchange menyatakan bahwa kedua Universitas sepakat untuk mengimplementasikan program pertukaran mahasiswa. Adapun Academic Exchange Agreement antara kedua institusi sepakat membentuk perjanjian pertukaran akademis ini untuk mendorong kerja sama internasional dalam pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pertukaran budaya. Kedua institusi  berusaha untuk mengembangkan program yang saling menguntungkan bagi mahasiswa, fakultas, departemen dan lembaga penelitian dalam ketentuan perjanjian ini. Potensi program dan kegiatan antara kedua institusi tersebut akan tetapi tidak terbatas pada hal-hal berikut yang meliputi pengembangan kurikulum, akademik bersama dan program-program dalam kepatuhan penuh dengan akreditasi dan persyaratan profesional kedua lembaga; penelitian dan publikasi bersama; transfer mata kuliah credit-bearing akademik berdasarkan transparansi materi kursus dan kualifikasi fakultas; pertukaran mahasiswa pascasarjana dan sarjana untuk studi, penelitian dan magang; pertukaran fakultas untuk penelitian, kuliah, dan eksperimen laboratorium; pertukaran bahan pendidikan, proyek penelitian, publikasi dan bahan pustaka; konferensi, seminar dan lokakarya bersama dan supervisi bersama kedua institusi.

Dekan FPIK Undip Prof. Tri dalam kesempatan itu mengatakan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Hokkaido University, Jepang kepada Undip untuk dapat bekerjasama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta bidang lain yang disepakati kedua belah pihak sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing pihak. Semoga  kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan  manfaat bagi ke dua belah pihak. (ratnaningtyas / tim publikasi )