(+6224) 7474698 fpik@undip.ac.id

Pada hari ini, Rabu (14/11/2019) merupakan hari berbahagia bagi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. FPIK Undip menambah jumlah Guru Besar-nya sebanyak dua orang. Adapun kedua Guru Besar FPIK Undip yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti, M.Sc dari Departemen Ilmu Kelautan dan Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST, M.Si dari Departemen Oseanografi.

Pelaksanaan acara Pengukuhan Guru Besar tersebut bertempat di Gedung Prof. Soedarto SH, Tembalang, dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Undip Prof. Dr. Ir. Soenarso, MS. Pidato pengukuhan guru besar oleh Prof. Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti, M.Sc berjudul “Strategi Reproduksi Karang untuk Pelestarian Ekosistem Terumbu”. Dalam pidatonya, Prof. Diah memaparkan tentang pentingnya ekosistem terumbu karang. Banyaknya faktor-faktor yang menjadi penyebab kerusakan terumbu saat ini menjadi hal yang mendesak untuk memulai upaya-upaya yang dapat mengurangi semakin buruknya kondisi terumbu karang di Indonesia. Keberadaan ekosistem tersebut tidak dapat dipisahkan dari dinamika kondisi lingkungan. Salah satunya dengan melakukan budidaya karang. Dengan adanya pengembangan berbagai teknik budidaya karang, diharapkan aktivitas budidaya karang dapat lebih digiatkan.

Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST, M.Si membawakan pidato yang berjudul “Teknologi Digital Kalender Rob : Strategi Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir”. Pidato pengukuhan memaparkan tentang pengembangan teknologi digital banjir pasang berupa kalender rob berbasis android untuk mengetahui kapan terjadinya rob, seberapa tinggi genangan air rob, berapa lama durasi rob berlangsung, serta bagaimana kondisi level air genangan rob terjadi. Menurut Prof. Denny hal tersebut sebagai bagian dari kontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi, serta turut dalam memecahkan permasalahan yang ada di wilayah pesisir.              

Selain mengukuhkan dua Guru Besar dari FPIK, Undip juga mengukuhkan guru besar yaitu Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Dengan dikukuhkannya Guru Besar ini hingga saat ini FPIK Undip memiliki 20 Guru Besar dimana Prof. Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti, M.Sc adalah Guru Besar ke-5 dari Departemen Ilmu Kelautan dan Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST, M.Si adalah Guru Besar ke-3 dari Departemen Oseanografi.

Selamat dan sukses Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro dan para Guru Besar atas capaian dan prestasi yang telah diperoleh. (ratnaningtyas / tim publikasi )