(+6224) 7474698 fpik@undip.ac.id

Duta besar Suriname bagi Indonesia Ricardo W. Panka, hari Jumat 31 Agustus 2018 mengunjungi Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan Undip untuk menjajagi kemungkinan kerjasama. Mr. Ricardo didampingi oleh staff dari Kedutaan Besar Suriname serta staff dari Pemerintah Kota Semarang menyempatkan diri untuk berkunjung ke FPIK karena tertarik untuk mengembangkan mangrove   di Suriname. Lawatan ke Semarang kali ini sekaligus dalam rangka melakukan kerjasama sister city dengan Pemerintah Kota Semarang.

Pada kunjungan di FPIK, Mr. Ricardo diterima oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Ir. Ambaryanto, MSc dan didampingi oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Suradi, Wakil Dekan bidang Sumberdaya Baskoro, ST, MT; Wakil Dekan bidang Bisnis Ir. Irwani M.Phil dan Wakil Dekan bidang Riset dan Inovasi Tita Elfitasari, Spi, MSc, PhD serta beberapa ketua departemen. Selama diskusi kerjasama, Mr. Ricardo tampak sangat terkesan dengan beberapa program yang ditawarkan antara lain beasiswa bagi mahasiswa Suriname untuk kuliah di Undip, kerjasama riset serta program scientific diving untuk mahasiswa.

Mr. Ricardo sangat yakin bahwa kerjasama ini dapat terwujud, khususnya karena Suriname dan Indonesia memiliki hubungan sejarah yang kuat. Sekitar 20% dari penduduk Suriname adalah keturunan Jawa, yang sampai saat ini masih mempertahankan bahasa Jawa untuk berkomunikasi di Suriname. Mr. Ricardo sendiri juga sedikit menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Kunjungan selama 1,5 jam ini kemudian diakhiri dengan tukar menukar cinderamata dan foto bersama sebelum rombongan meneruskan perjalanan menuju Balaikota Semarang.