(+6224) 7474698 fpik@undip.ac.id

Mulai Senin (6/8) hingga Minggu (12/8) mahasiswa baru mengikuti orientasi kehidupan kampus di Universitas Diponegoro. Kegiatan dikemas dalam Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2018. Upacara Pembukaan dilaksanakan pada hari Senin (6/8) di Stadion Diponegoro, dilanjutkan Selasa (7/8) mengikuti acara pengenalan Fakultas masing masing, Rabu (8/8) mengikuti acara pengenalan di tingkat Program Studi.

 Pada hari Kamis – Jumat (9-10/8) para Diponegoro Muda 2018  mengikuti beberapa tahapan kegiatan yang dikemas dalam Pendidikan Karakter. Mahasiswa baru dibekalai dengan: Pemahaman Diri, Kejujuran, Keadilan, Beretika dan Kesopanan, Kepedulian Sosial, Kita dalam Pancasila, Kreatif dan Inovatif, Integritas Kediponegoroan, Sinergi dan Berjiwa Peneliti

Dengan mengusung tema “Sinergitas Pemuda Indonesia Wujudkan Poros Maritim Mendunia”. Mereka dibekali Pendidikan Karakter dimana pada intinya bertujuan membentuk mahasiswa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.
Pendidikan karakter berfungsi untuk mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik; memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur; meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia.
Pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai media yang mencakup keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa.

Dan sebagai penutup kegiatan, sebanyak 11 ribu mahasiswa baru Undip tahun 2018 sejak jam 06.00 pagi dengan berseragam kaos putih dan celana berwarna gelap telah memadati lapangan Stadion Diponegoro, kampus Undip Tembalang, Minggu kemarin (12/8). Sebanyak 751 mahasiswa diantaranya adalah Diponegoro Muda dari FPIK mereka mengikuti rangkaian upacara penutupan mahasiswa baru yang dikemas dalam acara Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2018 dengan tema “Undip Green Habit”.

Pelaksanaan Upacara Penutupan ODM dimeriahkan dengan penerbang Paralayang yang terbang rendah menyapa mahasiswa baru; Parade Unit Kegiatan Mahasiswa; Penampilan Mahakarya (Drama Kolosal), Marching Band dari SMK Kesdam IV/Diponegoro serta hadirnya tokoh-tokoh nasional, yaitu Menteri Riset dan Tehnologi Prof. Dr. Muhammad Nasir; Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Dr(Hc). Susi Pudjiastuti serta Wakil Ketua III, Dewan Perwakilan Daerah, Drs. Akhmad Muqowam.

 

Dihadapan para tamu undangan, para mahasiswa baru mengkonfigurasikan 4 mozaik yaitu Logo Undip; Lawang Sewu; Candi Gedong Songo dan Lambang Negara Garuda Pancasila. Makna dari masing masing-masing mozaik itu menyampaikan bahwa para mahasiswa baru yang berasal dari seluruh pulau-pulau di Nusantara (yang dilambangkan dengan Garuda Pancasila), saat ini mereka berada di Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah yang dilambangkan dengan Candi Gedong Songo dan Lawang Sewu, serta disatukan dalam satu kampus rakyat, yakni Undip yang menghargai dan menghormati NKRI dalam keberagaman dan kemajemukan asal daerah masing-masing mahasiswa.

 

Selamat datang adik-adik mahasiswa. Selamat belajar dan berkarya di Kampus Undip tercinta.

(Nur Afiani Ratnaningtyas, SPi, MSi)