(+6224) 7474698 fpik@undip.ac.id

THP2dfpik.undip.ac.id. Selamat, kepada delegasi dari prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang  memenangkan kompetensi Indonesian Ocean Student Summit di Institut Teknologi Bandung dengan judul Fish Flavor-Flavor Unik Asli Indonesia Guna Peningkatan Industri Perikanan. Berawal dari praktikum diversifikasi produk perikanan, Novia Anggraeni mahasiswa THP 2012 tertarik untuk mengembangkan katsuobushi sebagai fish flavor di ajang Indonesian Ocean Student Summit pada tanggal 25-26 Mei 2015. Walaupun awalnya muncul keraguan untuk mengangkat katsuobushi dalam ajang bergengsi di ITB, akhirnya Novia yakin untuk mengangkat katsuobushi berkat dorongan dan motivasi dari Ibu Ulfah Amalia, S.Pi., M.Si., dan bapak Putut Har Riyadi, S.Pi,. M.Si. selaku kaprodi THP.

 Paper ini menceritakan tentang potensi ikan tongkol di Jawa Tengah yang sangat melimpah sehingga dapat dinaikkan harga jualnya dengan pembuatan fish flavor. Seperti yang kita tahu bahwa ikan tongkol (Euthynnus affinis) merupakan jenis ikan pelagis yang termasuk dalam family Scombridae. Ikan tongkol terdapat di seluruh perairan hangat Indo Pasifik barat, termasuk wilayah perairan Indonesia. Ikan tongkol memiliki kandungan protein 23,2 gram dan beberapa asam amino. Salah satu kandungan asam amino yang terdapat pada ikan tonggol adalah asam glutamat. Asam glutamat merupakan asam amino non esensial yang berperan dalam memberikan rasa umami. Kandungan asam glutamat dalam ikan tongkol dapat digunakan sebagai flavor pada masakan untuk menghasilkan rasa umami.

 Selama ini rasa umami hanya diperoleh dari penyedap masakan yang di dalamnya mengandung monosodium glutamate. Fish flavor ini mempunyai proses yang cukup unik karena terjadi proses pemanasan bertingkat, fermentasi, dan penyerutan. Penyedap masakan yang digunakan umumnya mengandung flavor sapi dan ayam. Oleh karena itu dilakukan inovasi Fish Flavour Ikan Tongkol dengan tujuan memberikan inovasi terhadap penyedap masakan. Hal  tersebut dikarenakan penggunaan ikan sebagai flavor dalam masakan belum banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dan fish flavor ini bisa menjadi makanan khas Indonesia guna mendukung Indonesia sebagai poros maritim dibidang ketahanan pangan.

Teruslah berinovasi, karena proses tidak akan mengkhianati perjuangan.