(+6224) 7474698 fpik@undip.ac.id

ctcSebagai isian kegiatan kerjasama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro dengan Coral Triangle Center (CTC), mulai Kamis, 26 Maret 2015 di gedung F diadakan pelatihan tahunan Rencana Aksi Konservasi / Conservation Action Planning (CAP) selama 4 hari pada 26 – 29 Maret 2015. Pada gelombang I tahun ketiga ini terdapat 30 peserta yang terdiri dari berbagai program studi yaitu PS  Ilmu Kelautan, Oseanografi, Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Budidaya Perairan (BDP), Teknologi Hasil Perikanan (THP), dan Magister Manajemen Sumberdaya Pantai (S2 MSDP).  Adapun instruktur pelatihan berasal dari CTC yaitu Bp. Denny Boy Mochran dan Bp. I Nyoman Suardana. FPIK mengirimkan staf muda Nurul Latifah, MSi dan Sigit Febrianto, MSi sebagai pendamping pelatihan, agar nantinya dapat melaksanakan sendiri pelatihan dimaksud pada setiap semester.

Pelatihan diadakan dari pukul 08.00 – 17.00 WIB, peserta dibagi dalam lima kelompok dengan bahan dari:  1). TN. Karimunjawa, 2). KKPD Taman Pesisir  Ujungnegoro – Roban, Batang, 3). KKPD TWP Nusa Penida, Klungkung, 4). TN Wakatobi, 5) KKPD Selat Pantar, Alor. Materi pelatihan terdiri dari rencana aksi konservasi diantaranya: a). Gambaran umum rencana konservasi; b). Proses pembentukan dan pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP); c). Rencana Konservasi; d). menentukan prioritas dan membangun rencana; e). Pengantar perangkat lunak program aplikasi MIRADI; f). Langkah-langkah rencana aksi konservasi (pembentukan tim, penentuan lingkup proyek, penentuan sasaran-sasaran utama konservasi, penilaian kelayakan sasaran-sasaran utama konservasi, menemukenali ancaman-ancaman penting). Selain terdapat materi yang disampaikan dikembangkan pula diskusi dan presentasi pada masing-masing kelompok untuk melakukan langkah-langkah rencana aksi konservasi secara manual dan menggunakan aplikasi MIRADI.

Selama empat hari pelatihan, peserta sangat aktif dan antusias dalam melakukan simulasi rencana aksi konservasi. Terbukti dengan peserta hadir tepat waktu dan adanya tukar pendapat dalam kelompok saat diskusi dan tukar pendapat antar kelompok setelah berlangsungnya presentasi. Pelatihan ditutup pada Minggu, 29 Maret 2015 pukul 12.00 WIB oleh Pembantu Dekan IV bidang Kerjasama, Prof. Norma Afiati, M.Sc., PhD. (NL)***