International Tropical Summer Course (ITroSCo) I – 2023 (1-12 Agustus 2023) yang diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro mempersembahkan pemandangan yang menghangatkan hati di tengah semarak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Dalam semangat persatuan dan kebersamaan, peserta dari berbagai belahan dunia berlomba dan bermain dalam beragam kegiatan menyenangkan.

Para peserta ITroSCo, yang dihadiri 24 peserta merupakan perwakilan dari 14 negara dan benua, seperti ASEAN – dari Filipina, Thailand, Singapura, dan Brunei – hingga Timor Leste, Iran, Yemen, Sudan, Kamerun, Gambia, Amerika Serikat, Uganda, Mauritius, dan Côte d’Ivoire, bersatu dalam semangat persahabatan untuk merayakan kemerdekaan.

Acara ini tak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga mempersembahkan hiburan seru melalui berbagai lomba tradisional. Lomba makan kerupuk, dengan peserta berusaha mengejar potongan kerupuk yang digantung tinggi, mengundang tawa dan semangat persaingan.

Lomba-lomba lainnya, seperti balap kelereng, lari dalam karung, serta menempatkan sendok ke dalam botol, memunculkan keceriaan dan antusiasme yang tak terbendung.

Para Peserta ITroSCo yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai universitas, seperti Srinakharinwirot University, University of the Philippines Visayas, Nanyang Technological University, Boston University, hingga University of Mauritius, serta universitas-universitas di Indonesia seperti Udinus Semarang, Universitas Amikom Yogyakarta, UMY, UII, dan Unsoed, semuanya hadir dalam semangat penuh.

Acara ini adalah bukti konkret bahwa kebersamaan antar bangsa dan budaya dapat menciptakan momen tak terlupakan. Mereka saling mendukung, tertawa bersama, dan bersatu dalam semangat merayakan kemerdekaan dan persahabatan.

Dalam suasana penuh kegembiraan dan semangat, peserta International Tropical Summer Course 2023 menunjukkan bahwa kemerdekaan adalah panggilan untuk bersama-sama merayakan dan membangun masa depan yang lebih cerah.

“Selamat Hari Kemerdekaan ke-78, Indonesia! Merdeka!”