SEMARANG – Jumat (28/6) Para mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip) yang tergabung dalam UKM-F Unit Usaha Hasil Perikanan (UUHP) turut berpartisipasi dalam pameran Hari Keluarga Nasional ke-31. Acara ini berlangsung di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, dan dihadiri oleh berbagai instansi dan masyarakat umum. Partisipasi ini merupakan bentuk kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), khususnya Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dirjen PDSPKP) dengan FPIK Undip.

Pameran yang berlangsung selama tiga hari, dari Kamis (27 Juni) hingga Sabtu (29 Juni), menjadi ajang bagi mahasiswa FPIK Undip bersama Dirjen PDSPKP untuk memperkenalkan inovasi perikanan. Dengan booth pameran yang mengusung tema “Protein Ikan: Untuk Generasi Emas”, mahasiswa FPIK Undip berkesempatan memperkenalkan inovasi bubuk Hidrolisat Protein Ikan (HPI). Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan asupan protein masyarakat dan menjadi solusi dalam penanganan stunting. Bubuk HPI ini memiliki keunggulan karena fortifikasinya tidak membuat makanan berbau amis serta tidak mengubah rasa dan warna, sehingga cocok bagi masyarakat yang tidak suka mengonsumsi ikan secara langsung.

Selain bubuk HPI, booth mahasiswa FPIK Undip juga menampilkan berbagai produk makanan dan minuman inovatif berbasis HPI. Produk-produk ini antara lain susu Surikan, softbread cookies, serabi, onde-onde, bolu kukus, sosis solo, aneka bubur, hingga beberapa produk frozen food seperti nugget, tuna kaleng, otak-otak, dan cilok yang kebetulan juga merupakan hasil produk dari mahasiswa UKM-F UUHP FPIK Undip yang menunjukkan keberagaman aplikasi HPI dalam berbagai jenis pangan. Untuk lebih efektif dalam mengenalkan produk-produk inovasi tersebut, mahasiswa FPIK juga menyiapkan tester makanan yang bisa dicicip langsung oleh masyarakat umum.

Dekan FPIK Undip, Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D., turut menyempatkan hadir di booth pameran dan mengapresiasi kehadiran serta kerja keras mahasiswa FPIK dalam memperkenalkan inovasi bubuk HPI kepada masyarakat. Beliau merasa bangga dan mendukung penuh upaya ini, mengingat manfaat besar yang bisa diperoleh masyarakat dari penggunaan HPI dalam pemenuhan gizi. Kehadiran Dekan FPIK di booth menambah semangat mahasiswa untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui teknologi dan produk perikanan.