Sambutan Dekan FPIK Undip, Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D

Kegiatan Orientasi Diponegoro Muda Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip digelar secara luring mulai Senin (14/08) dan diikuti oleh 687 mahasiswa jenjang S1. 110 mahasiswa dari program studi manajemen sumber daya perairan, 103 mahasiswa dari prodi akuakultur, 88 mahasiswa dari prodi teknologi hasil perikanan tangkap, 65 mahasiswa dari prodi perikanan tangkap, 161 mahasiswa dari prodi ilmu kelautan, dan 160 mahasiswa dari prodi oseanografi. Acara ini diawali dengan sambutan oleh ketua ODM FPIK 2023, ketua BEM FPIK, dan Dekan FPIK yaitu Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D sekaligus penyematan kartu tanda peserta sebagai simbolis penerimaan secara resmi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Selain itu, beliau juga memperkenalkan Pejabat struktural Fakultas, Ketua Departemen, dan Ketua Program Studi.

Pada akhir sambutan, Dekan FPIK menutup dengan jargon “kolaborasi untuk meraih prestasi” sebagai bagian untuk menyemangati awal kegiatan. Beliau juga memperkenalkan tiga mahasiswa baru FPIK yang menjadi tim pasukan penerima atribut saat upacara penerimaan mahasiswa baru Undip tahun 2023 pada Jum’at (11/08) lalu.

Potret tiga mahasiswa baru FPIK yang menjadi tim pasukan penerima atribut saat upacara PMB Undip

Tema yang diusung pada ODM FPIK UNDIP tahun ini ialah “Ciptakan kolaborasi, bersama FPIK wujudkan empati untuk laut Indonesia”. ODM FPIK Undip merupakan sarana untuk menanamkan nilai adaptif, kolaboratif, empati dan responsibility bagi mahasiswa baru. Acara ini berlangsung selama enam hari di auditorium dan gedung D FPIK Undip.

Pada kegiatan ini, mahasiswa baru diperkenalkan seputar lingkup dan sistem perguruan tinggi khususnya Universitas Diponegoro yang merupakan langkah awal untuk mulai mencari potensi diri sebagai jiwa milenial dengan mengembangkan karakter dan etika yang baik, sehingga dapat mengaktualisasikannya dalam lingkungan serta mencegah terjadinya bencana. Mahasiswa baru tentunya mendapatkan pemaparan materi yang sangat mendukung hal tersebut yaitu terkait pengenalan lingkup dan sistem perguruan tinggi, peran milenial dalam kehidupan bangsa, etika mahasiswa dalam perkuliahan, serta lingkungan dan kesiapsiagaan bencana. Setiap setelah pemaparan masing-masing materi, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi bersama mahasiswa baru.

ODM FPIK Undip 2023 dapat terlaksana dan berjalan dengan sukses berkat kerja sama antara mahasiswa/i baru FPIK Undip dengan panitia dan pengurus. Adanya kegiatan ODM FPIK Undip tahun 2023 diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh pihak.

Foto Bersama, Kegiatan ODM FPIK Undip tahun 2023