PROFIL MARINE STATION TELUK AWUR, JEPARA

I.      SARANA DAN PRASARANA

Marine Station Teluk Awur mempunyai fasilitas yang sangat memadai untuk melaksanakan kegiatan yang bermuara dan diarahkan  pada upaya penemuan kajian-kajian yang konstruktif, inovatif dan aplikatif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan bahan masukan bagi para perencana pembangunan dibidang kelautan dan oseanografi. Selain itu, luaran dari kegiatan tersebut dapat dipergunakan untuk memperluas khasanah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Untuk mendukung pelaksanaan seluruh kegiatan, Marine Station Teluk Awur  menempati  gedung yang representatif terdiri dari Bangunan  tiga lantai seluas 5.282  m2, juga didukung oleh sejumlah sarana dan prasarana yang memadai, yang menjadi pusat semua kegiatan belajar mengajar jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro

awur4awur3

Bangunan Utama dilengkapi dengan sarana dan Prasarana penunjang proses belajar dan mengajar, yaitu Lantai satu berupa : Ruang Ketua seluas : 63  m2 , ruang administrasi seluas : 73 m2 , Ruang Perpustakaan seluas : 206 m2, ruang teater seluas : 221m2, Ruang unit selam seluas : 102 m2 dan ruang Laboratorium Basah seluas : 82 m2, Ruang Laboratorium prosessing seluas: 119 m2 , ruang unit alga seluas 28 m2,  Laboratorium ekologi laut  seluas 103 m2, ruang laboratorium Biologi Laut seluas 103 m2 dan ruang laboratorium Marine Culture seluas 103 m2. Lantai dua berupa 3 Ruang Dosen masing-masing seluas : 48  m2 ;98 m2, dan 30 m2 , 2 ruang sidang masing-masing 18 m2 dan 30 m2 , ruang optik 30 m2 Ruang Laboratorium microbiologi seluas : 103   m2 , Ruang Laboratorium Kimia Oseanografi seluas 103.m2,ruang laboratorium Fisika Oseanografi seluas 103 m2 Ruang Lab geologi Kelautan seluas :  119m2 , Ruang Laboratorium Bioteknologi Kelautan seluas :.119 m2 dan Ruang Komputer dan Internet seluas : 119 m2. Lantai Tiga, berupa ruang 1 kuliah  besar seluas : 445  m2, 2 ruang kuliah kecil seluas :206 .m2 dan Ruang Serba Guna seluas : 448m2. Bangunan  Asrama Mahasiswa berlantai 2, terdiri empat Blok, dimana setiap Blok  luas bangunannya adalah 1.128 m2, terdiri dari 26 kamar. Bangunan guest house dosen sebanyak  42 unit yang terdiri dri tipe 120 sebanyak 6 nit, pipe 70 sebanyak 8 unit , tipe 56 sebanyak 8 unit dan tipe 36 sebanyak 20 unit. Perpusatakaan dengan 10.000 buku teks dan 8 jurnal internasional berkala, 4 buah gedung asrama dua  lantai dengan kapasitas 120 kamar, 11 ruang laboratorium, dermaga 250 meter dengan kapal riset Bima Suci IV, 2 buah Boston Wheeler, 2  buah Rubber Boat, dan 33 unit  alat selam dengan  3 buah kompresor sangat mendukung untuk melakukan  kegiatan monitoring dan  survey dibidang   kelautan dan oseanografi.  Demikian pula laboratoium yang dimiliki dilengkapi dengan  alat yang sangat memadai seperti missal:  Gas Chromatografi, Spektrofotometer, Centrifuge,  HPLC , Mikrotom, Microskop binokuler, Elektrophoresis, Kedjald Labu, Rotafapor dan  Komputer dengan program GIS dan Image Analiser, dan lain sebagainya  yang sangat menunjang  kegiatan  penelitian, studi, pengkajian analitik, pengabdian kepada masyarakat, pelatihan serta kegiatan lainnya dibidang Kelautan dan Oseanografi. Selain itu, Marine Station Teluk Awur juga dilengkapi dengan sejumlah komputer yang mutakhir sehingga mempermudah seluruh proses kegiatan yang diselenggarakan .

II.    RUANG LINGKUP  PROGRAM PELAYANAN

Sesuai dengan Pola ilmiah pokok Undip yaitu Pengembangan Wilayah Pantai, maka  program pelayanan yang dilaksanakan melalui kegiatan yang diselenggarakan  oleh Marine Station Teluk Awur adalah berupa kegiatan  kajian-kajian yang konstruktif, inovatif dan aplikatif  dalam penelitian dan pengembangan di bidang kelautan dan oseanografi.

1.     Penelitian

Kegiatan penelitian yang dilakukan  diarahkan  pada  penggalian alternatif pemecahan suatu masalah dalam rangka  memperbaiki suatu masalah baik melalui penelitian akademik (Academic research), maupun melalui penelitian kebijakan  atau studi (Policy Research). Penelitian yang menjadi perhatian Marine Station Teluk Awur mencakup :

·       Managemen Sumberdaya Pesisir dan Lautan (eksplorasi, konservasi, polusi, dan management wilayah pesisir baik sumberdaya alam dan sumberdaya manusia)

·    Budidaya Laut (rekayasa, bioteknologi, managemen wilayah, dan paket tekologi budidaya laut)

·       Studi Potensi Sumberdaya Hayati Laut Wilayah Regional  (Kota dan Kabupaten) dan Nasional

·       Pengelolaan  Potensi Sumberdaya  Nonhayati (Geologi, misal:  Tambang, Air tanah, dan Listrik) Pulau-Pulau Kecil

·           Studi Amdal  Pesisir Dan Lautan

·           Survey Bathimetri dan Hidro Oseanografi

2.     Layanan Data Iptek Kelautan Dan Oseanografi

Dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga ilmiah, Marine Station Teluk Awur melaksanakan kegiatan  pelayanan jasa analisa sampel untuk  kualitas air, sedimen, ekstraksi bioaktif organisme, kandungan gizi dan kelayakan kesehatan bahan pangan  pesisir dan lautan. Disamping itu , juga memberikan pelayan data Iptek Kelautan dan Oseanografi yang dikemas menjadi data statistik yang dapat dimanfaatkan bagi upaya penelitian dan pengembangan bagi siapa yang membutuhkan.

Adapun layanan data yang tersedia antara lain :

·     Data yang berkaitan dengan  potensi Sumber Daya Hayati Laut

·           Data  Tentang Parameter Fisis-Chemis Oseanografi

·    Data yang berkaitan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengembangan yang sedang berjalan dan hasilnya

3.     Pelatihan (Training)

Selain menyelenggarakan penelitian,  Marine Station Teluk Awur juga menyelenggarakan kegiatan pelatihan baik pelatihan metodologi penelitian untuk berbagai jenis penelitian, maupun pelatihan thematik tertentu bagi siapa yang membutuhkan baik bagi pemula, perencana maupun manager/pimpinan pada berbagai tingkat usaha dan sektor.

marine stationtawur2

Adapun Layanan pelatihan yang tersedia antara lain :

·           Pelatihan dan  Sertifikasi  Selam (Diving)

·           Pelatihan Metodologi Penelitian (Teknologi dan Kebijakan)

·           Pelatihan Monitoring, Mitigasi dan Penanggulangan Kerusakan Lingkungan Wilayah Pesisir Dan Lautan

·           Pelatihan  Budidaya Rumput Laut

4.     Jasa Konsultasi Penelitian dan Pengembangan

Dalam program pemberian jasa konsultasi, Marine Station Teluk Awur berperan sebagai mitra kerja bagi lembaga-lembaga (LSM, Konsultan, Dinas Teknis, maupun Perusahaaan) yang membutuhkan  bantuan dalam penyelesaian  masalah penelitian dan pengembangan. Dengan Sejumlah tenaga fungsional yang terdiri dari tenaga peneliti, pranata komputer, pustakawan, arsiparis dan teknisi dari berbagai latar belakang keahlian lulusan dari dalam dan luar negeri dan dari berbagai jenjang pendidikan, maka Marine Station Teluk Awur  mampu menangani jasa pelayanan konsultasi yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan.

Adapun  jasa konsultasi  yang  dapat ditangani antara lain :

·       Desain Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) : penulisan modul, pembuatan  poster dan brosur, slogan kampanye kesadaran  lingkungan

·           Desain Terumbu Karang buatan (TKB) (Fish Sanctuary)

·           Konservasi Terumbu Karang ( Coral Transplant)