DELEGASI MAHASISWA TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN MEMENANGKAN JUARA I LOMBA FISHERIES EXPO PAPER COMPETITION TINGKAT NASIONAL DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

mahasiswa thp1mahasiswa thp2

fpik.undip.ac.id. Selamat, kepada Tim Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang memenangkan kompetensi karya tulis ilmiah se-Nasional di Universitas Brawijaya. Sebelumnya mereka  telah lolos menjadi Grand Finalis 10 besar karya terbaik se-Nasional, kemudian dilakukan kompetensi presentasi dihadapan dewan juri yang sangat kompeten di Universitas Brawijaya pada tanggal 3 Mei 2015. Setelah berjuang, akhirnya Senin, 4 Mei 2015 ditetapkan menjadi Juara Pertama dalam kompetensi karya tulis ilmiah. Judul papper yang menjadi pemenang adalah “Smoke Fish with Biocellulosa Eucheuma cottonii Packaging” Alternatif Kemasan Food Grade pada Produk Ikan Asap sebagai Inovasi Terbaru dalam Komoditas Perikanan. Karya tulis ini diketuai oleh Sarah Nur Halimah (THP 2012). Anggota yaitu Indria Eka Pangestuti (THP 2012), dan Rizky Aji Pangestu (Teknik Kimia 2014).

Karya Tulis Ilmiah ini menceritakan bagaimana memberikan solusi terhadap kemasan di Ikan Asap tradisional yang sebagian besar pengolah dan penjual ikan asap mengemas dengan menggunakan koran dan plastik. Bahaya, yang dapat ditimbulkan dari pengemas koran dan plastik adalah akumulasi Pb di dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya kanker. Pb yang dihasilkan merupakan hasil tinta koran, sedangkan plastik dapat bersifat karsinogen karena reaksi polimer-polimer kimia dari bahan plastik.

Solusi, untuk memecahkan masalah yang terjadi adalah dengan menggunakan Echeuma cottonii. Rumput laut Echeuma cottonii di Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar untuk dikembangkan, produksi rumput laut dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga dapat dikembangkan menjadi produk yang benilai tinggi. Kandungan Echeuma cottonii yaitu mengandung selulosa sebasar 17,47%. Pemanfaatkan selulosa dapat dijadikan sebagai alternatif pembuatan kemasan edible film. Bioselulosa merupakan bahan yang sangat unik karena selulosa memiliki sifat mekanis tinggi dan tidak merusak lingkungan (biodegradable) sehingga dapat menggantikan polimer sintetik yang saat ini banyak digunakan, baik dalam industri pangan maupun non –pangan. Pentingnya biocellulosa untuk memperkuat matrik polimer yang digunakan sebagai bahan pengemas saat ini.

So..proud of you, dan tetap semangat dalam mencapai impian. Semangat berprestasi

 

alat bantu sex alat bantu sex jual alat bantu sex alat bantu sex pria alat bantu sex wanita obat pembesar penis pembesar penis jual vimax vimax herbal